Muallif al-Andalus: Ibn al-Zubair (627 – 708 / 1230 – 1308)

Nama lengkapnya adalah Ahmad bin Ibrahim bin al-Zubair al-Tsaqafi al-Gharnathi, Abu Ja’far. Ia adalah seorang ahli hadis dan sejarah, dan termasuk keturunan orang Arab yang menaklukkan al-Andalus. Puncak kepemimpinan bahasa Arab, riwayat hadis, tafsir dan ushul ada pada dirinya.

Ia lahir di Jaen, dan mukim di Malaga. Di Malaga, ia mendapatkan beberapa persoalan dan kesulitan. Ia kemudian pergi ke Granada dan mendapatkan kehidupan yang lebih baik dan menyempurnakan apa yang telah ditulisnya. Ia wafat di Granada.

Kitabnya antara lain Shilah al-Shilah, yang melanjutkan karya al-Shilah-nya Ibn Basykuwal, Malak al-Ta’wil fi al-Mutasyabih al-Lafdh fi al-Tanzil, al-Burhan fi Tartib Suwar al-Qur’an, al-I’lam bi Man Khatama bihi al-Qathr al-al-Andalus min al-A’lam dan Mu’jam yang berisi nama-nama gurunya serta biografi mereka. Ibn Hajar mengatakan: Ia mempunyai beberapa peristiwa dengan para penguasa di masanya. Ia berteman dengan para pemimpin Malaga dan Granada, serta mempunyai kedudukan yang terhormat diantara orang khusus dan awam.

Posting Komentar