Muhammad Al-Jayyār dan Manuskrip Alquran Tertua di Spanyol

Selama lima abad, terdapat buku-buku yang disembunyikan di balik dinding rumah-rumah kuno di Spanyol. Penemuan ini terjadi dua dekade yang lalu ketika manuskrip yang disembunyikan oleh seorang imam bernama Muhammad Al-Jayyār di dinding rumahnya ditemukan. Salah satunya adalah Al-Quran dari periode Almohad (al-Muwahhidun). Al-Jayyār adalah seorang ahli hukum yang juga tertarik pada astrologi, matematika, dan puisi. Dalam puisinya, dia mencatatkan pergolakan masa hidupnya di Al-Andalus, dan sebagai tahanan di Seville, ia menyalin buku untuk gubernur kota hingga akhirnya dibebaskan dan menjadi seorang ahli hukum dan imam di Aqūṭa, seperti Cútar saat ini.

Sebenarnya penemuan manuskrip di rumah-rumah kuno di Spanyol tidak begitu mengherankan. Banyak umat Muslim yang menyimpan naskah yang mereka miliki, baik dalam bahasa Arab atau Aljamiado (Pegon-nya Spanyol, yang menulis dengan aksara Arab tapi memakai bahasa Spanyol). Hal ini jamak dilakukan setelah Reconquista, yang menyebabkan pilihan sulit antara mempertahankan agama Islam atau pindah ke agama lain, atau melakukan penyamaran (taqiyyah) agar amaliah dan ibadah agama Islam mereka tidak diketahui penguasa. Bahkan di bulan Ramadhan, banyak yang meninggalkan rumah untuk pergi ke ladang dan pulang menjelang Maghrib agar puasa mereka tidak diketahui penguasa Katolik pada saat itu.

Pada tahun 1490, Al-Jayyār tiba di kotamadya di distrik Axarquia, provinsi Málaga (Malaqah), yang pada saat itu hanya sebuah lahan pertanian pedesaan dengan populasi 600 orang. Ia mencatat kehidupan sehari-harinya, termasuk pengadilan warisan dan perceraian, refleksi pribadi, penaklukan Granada pada tahun 1492, dan gempa bumi di Málaga. Sekitar tahun 1500, dihadapkan dengan pilihan masuk Kristen atau meninggalkan tanah airnya, dia memilih yang terakhir dan menyembunyikan tiga manuskrip di dinding rumahnya. Manuskrip tersebut terdiri dari dua buku yang ditulisnya sendiri dan sebuah Alquran dari abad ke-12 atau ke-13. Namun, manuskrip-manuskrip ini tidak pernah terlihat lagi hingga ditemukan oleh para pekerja renovasi pada 28 Juni 2003.

Selama 500 tahun, manuskrip-manuskrip ini tersembunyi dan tidak diketahui keberadaannya. Properti tempat ditemukannya manuskrip-manuskrip tersebut hampir runtuh dan mereka dilindungi oleh jerami di dalam rongga lemari yang tersembunyi di dinding rumah tradisional di Andalusia. Selain Alquran, buku-buku lain dari periode yang sama juga telah ditemukan tersembunyi di dinding di berbagai daerah Spanyol. Manuskrip Alquran tersebut menjadi salah satu dari dua manuskrip tertua yang pernah ditemukan di negara itu. Setelah melalui proses restorasi, manuskrip-manuskrip ini sekarang disimpan di Archivo Histórico Provincial de Málaga dan telah dicetak dalam bentuk faksimili.

Penelitian juga mengungkapkan dua teori mengenai alasan Al-Jayyār menyembunyikan manuskrip tersebut dengan hati-hati. Pertama, manuskrip itu mungkin merupakan pusaka keluarga yang ingin dijaga oleh setiap ahli waris. Kedua, manuskrip itu mungkin milik masjid di Cútar, yang sekarang telah menjadi gereja desa setelah dibangun di atasnya pada abad ke-16, dan sebagai seorang imam, Al-Jayyār memilih untuk menyembunyikannya agar tidak dihancurkan. Namun, harapannya adalah untuk dapat mendapatkan kembali manuskrip-manuskrip tersebut suatu hari nanti.

Manuskrip-manuskrip tersebut berisi karya Al-Jayyār sendiri, dengan beberapa gaya tulisan tangan yang berbeda di antara halaman-halamannya. Salah satu manuskrip berisi tentang karya fikih dan berhubungan dengan kasus pembagian tanah, perkawinan, warisan, perselisihan tetangga, dan perpisahan yang dinilai oleh orang bijak. Manuskrip kedua lebih personal, mencakup bagian yang disalin dari buku dan khotbah lain, pertanyaan esoteris, takhayul, dan puisi oleh Al-Jayyār sendiri. Keduanya memberikan wawasan tentang kehidupan dan masyarakat di masa Al-Andalus.

Kini, manuskrip-manuskrip ini dapat dikonsultasikan secara digital di pusat pameran di Cútar. Meskipun lingkungan telah berubah selama berabad-abad, kotamadya tersebut tetap mempertahankan beberapa aspek masa Al-Andalus, menjadikannya situs bersejarah yang menarik untuk dipelajari. Proyek pameran ini dikuratori oleh Juan Bautista Salado, seorang arkeolog dan pakar Al-Andalus, dengan tujuan untuk meningkatkan nilai buku-buku ini dan juga memberikan wawasan tentang masyarakat dan kehidupan di masa itu. Meskipun tidak ada yang melindungi dinding tempat ditemukannya manuskrip-manuskrip ini, kisah Al-Jayyār tetap menjadi harapan tentang bagaimana dia bermimpi untuk kembali, memulihkan tanahnya, rumahnya, dan buku-bukunya, meskipun telah diusir dari tanah airnya.


Terjemahan Berita Asli dari El Pais Inggris atau Spanyol:

Buku-buku yang tersembunyi di balik dinding selama lima abad di Spanyol

Dua dekade telah berlalu sejak penemuan manuskrip yang disembunyikan imam Cútar di dinding rumahnya sekitar tahun 1500, salah satunya adalah Al-Quran periode Almohad (al-Muwahhidun).

Detail salinan Alquran abad ke-13 ditemukan hanya 20 tahun yang lalu di dinding sebuah rumah di kotamadya Cútar (Málaga) / ALVARO CABRERA / El Pais

Muhammad Al-Jayyār tahu astrologi, matematika, dan puisi. Dia adalah seorang ahli hukum yang ahli dan tertarik pada kekuatan supranatural dan berita tentang masa pergolakan di mana dia hidup. “Di seluruh dunia tidak pernah terjadi / apa yang terjadi di Al-Andalus,” tulisnya dalam salah satu puisinya. Seorang tahanan selama bertahun-tahun di Seville, dia menyalin buku untuk gubernur kota, sampai dia dibebaskan dan diangkat sebagai fakih — ahli hukum — dan imam Aqūṭa, sebagaimana Cútar saat ini pernah dikenal. Kotamadya di distrik Axarquia di provinsi Málaga dengan populasi saat ini 600 orang, pada saat itu, hanyalah sebuah lahan pertanian pedesaan dengan ukuran yang sama. Dia tiba di sana pada 9 Agustus 1490. Dia menceritakan kehidupan sehari-harinya di atas papirus: pengadilan warisan dan perceraian, refleksi pribadi, penaklukan Granada pada tahun 1492dan gempa bumi yang menghancurkan Málaga tidak lama kemudian. Sekitar tahun 1500, dipaksa masuk Kristen atau meninggalkan tanah airnya, dia memutuskan untuk melakukan yang terakhir. Dengan harapan untuk kembali, dia menyembunyikan tiga manuskrip di dinding rumahnya: dua buku yang dia tulis dan sebuah Alquran yang berasal dari abad ke-12 atau ke-13. Mereka tidak pernah terlihat lagi sampai para pekerja mengeluarkan mereka saat melakukan pekerjaan renovasi di sebuah rumah di desa tersebut.

Mereka tetap tersembunyi selama 500 tahun hingga 28 Juni 2003. Pada peringatan 20 tahun penemuan itu, pemilik rumah, Magdalena Santiago mengenang: “Itu mengejutkan. Tidak ada yang mengharapkan hal seperti ini muncul, “menambahkan bahwa properti itu hampir” runtuh. Dilindungi oleh jerami, mereka terjepit di rongga lemari yang tersembunyi di dinding lebar asli rumah Andalusia. Buku-buku lain yang berasal dari periode tersebut juga telah ditemukan setelah menghabiskan berabad-abad tersembunyi di dinding di berbagai bagian Spanyol, tetapi Alquran ini adalah salah satu dari dua yang tertua yang pernah ditemukan di negara tersebut. “Itu adalah penemuan yang luar biasa,” kata María Isabel Calero, seorang pensiunan Arab yang menghabiskan waktu lama mempelajari aslinya di Universitas Málaga 20 tahun lalu.

María Isabel Calero menunjukkan salinan Alquran / ALVARO CABRERA / El Pais

Hari ini, setelah restorasi halus - dengan kertas cangkok - mereka disimpan di Archivo Histórico Provincial de Málaga, dikelola oleh pemerintah daerah Andalusia. Administrasi mengedit faksimili Alquran pada tahun 2009, yang menjadi hadiah seremonial bersama dengan penelitian atas tiga buku berjudul Los manuscritos de Cútar (Manuskrip Cútar), yang dipimpin oleh Calero. Teks agama berbentuk persegi dan berasal dari abad ke-13, periode Almohad di Spanyol. Itu terbuat dari perkamen kulit anak sapi dan domba. Kepentingannya dapat dilihat pada dekorasinya: ada pinggiran renda, simpul Sulaiman, kerang, dan bunga berwarna merah. Kaligrafinya menggunakan tinta hitam dan hijau, yang membuat teks tersebut menjadi komposisi bercahaya yang bertahan selama berabad-abad.

 Ada dua teori mengapa itu ada di tangan Al-Jayyār dan mengapa dia sangat berhati-hati untuk menyembunyikannya setelah pelarangan buku-buku agama Muslim pada awal abad ke-16. Teori pertama adalah bahwa itu mungkin pusaka keluarga. Sebuah Alquran diturunkan dari ayah ke anak laki-laki yang ingin dilestarikan oleh setiap ahli waris dengan segala cara. Yang kedua adalah bahwa itu milik masjid di Cútar - gereja desa yang sekarang dibangun tepat di atasnya pada abad ke-16 - dan, dalam perannya sebagai imam, dia memutuskan untuk menyembunyikannya agar tidak dihancurkan. Bagaimanapun, harapannya adalah untuk mendapatkannya kembali suatu hari nanti. “Kata inti dari cerita ini adalah ketakutan: bahwa seseorang akan menemukan manuskrip tersebut atau manuskrip itu akan hilang,” kata Calero. Selama penelitiannya, dia bahkan lebih terkesan dengan dua manuskrip lainnya,

Al-Jayyār adalah penulis utama mereka, tetapi ada lebih banyak karena ada gaya tulisan tangan yang berbeda di antara halaman-halamannya, dijahit dengan benang linen. Salah satunya — sekarang disebut L14029 — terdiri dari 111 lembar kertas Arab dan isinya terkait dengan karya fakih, yang didefinisikan Calero sebagai “orang yang berbudaya, dengan perhatian, seorang penyalin [yang] mungkin berasal dari kota. asal.” Dia percaya bahwa jika Al-Jayyār ditugaskan ke Cútar, itu karena dua alasan: penyerahan Málaga kepada Raja Katolik, dan keluarga istrinya, Umm al-Fath, yang berasal dari sana. Dalam teks tersebut, kasus-kasus pembagian tanah, perkawinan, warisan, perselisihan tetangga, dan perpisahan yang dinilai oleh orang bijak diceritakan dalam bentuk bab-bab individual. Diantaranya adalah ‘Ā’isyah binti al-Qurṭubī, seorang wanita yang bercerai untuk kedua kalinya tanggal Ramadhan.

Buku kedua — disebut L14030, pada 134 lembar kertas Italia — lebih personal. Ada bagian yang disalin dari buku dan khotbah lain (“Jangan melakukan ketidakadilan ketika Anda kuat”), pertanyaan esoteris dan takhayul. Ini termasuk puisi oleh imam sendiri. Kodeks ini juga memuat berita-berita yang mempengaruhi penulisnya secara pribadi, seperti penaklukan Kristen atas Granada dan Vélez-Málaga, dan gempa bumi tahun 1494 yang menghancurkan “150 rumah” di ibu kota.

Salinan yang dipulihkan ada di Arsip Sejarah Provinsi bersama dengan dua manuskrip lain dari periode yang ditemukan pada waktu yang sama / ALVARO CABRERA / El Pais

Semua buku dapat dikonsultasikan secara digital di salah satu ruangan di pusat pameran yang diresmikan di Cútar musim gugur lalu. Itu buka setiap akhir pekan dan berisi banyak detail tentang penemuan manuskrip dan konteksnya, ketika kotamadya adalah bagian dari taha de Comares (distrik Comares), di mana hanya lima lahan pertanian yang bertahan hingga abad ke-21: saat ini desa Benamargosa, Almáchar dan El Borge, serta Comares dan Cútar. Dekat satu sama lain, desa-desa tersebut dihubungkan oleh jalan berkelok-kelok yang membelah lanskap yang didominasi oleh pohon mangga dan alpukat serta beberapa kebun anggur tua. “Lingkungan telah berubah, tetapi kotamadya secara praktis tetap sama seperti di masa Al-Andalus,” kata walikota Cútar, Francisco Ruiz.

Setelah banyak kekecewaan, pemimpin setempat menemukan sekutu Juan Bautista Salado, arkeolog, pakar Al-Andalus, dan direktur Museum Nerja, yang bertanggung jawab atas proyek pameran tersebut. “Idenya adalah untuk meningkatkan nilai buku, tetapi juga, melalui informasi yang kami dapatkan dari mereka, untuk menjelaskan seperti apa masyarakat Andalusia dan cara hidupnya,” kata Salado. Pakar bertanya-tanya mengapa tidak ada yang berpikir untuk melindungi dinding tempat ditemukannya teks, selain teks itu sendiri. “Tempat tinggal itu setidaknya dibangun pada abad ke-15, dan sekarang hanya tersisa beberapa tembok asli. Sisanya dibuang dalam renovasi,” katanya, meskipun dia percaya bahwa kisah Al-Jayyār adalah kisah harapan, tentang bagaimana, meskipun diusir, dia bermimpi untuk kembali untuk memulihkan tanahnya, rumahnya, dan buku-bukunya.

Posting Komentar