Muallif al-Andalus: al-Gharnathi (495 – 579 H / 1102 – 1183 M)

Nama lengkapnya adalah Ibrahim bin Ahmad bin Abdurrahman, anak dari arsitek Granada, al-Anshari, Abu Ishaq, hakim di al-Andalus. Lahir dan besar di Granada, menangani putusan di sebagian perkara di sana. Ia keluar dari Granada setelah kerusuhan di akhir kekuasaan dinasti al-Mulatstsamun (generasi kedua suku Berber Shanhaja, dan mereka mendirikan kerajaan Islam Udgust  kemudian negara Almoravid, dan mereka adalah nenek moyang suku Tuareg, dengan bukti bahwa mereka menempati wilayah yang sama dengan yang ditempati Tuareg sekarang).

Ia kemudian menetap di Mallorca (Mayurqah), mengikuti putusan yang ada, dan tidak ada orang yang menetap di sana seperti al-Gharnathi di bawah kekuasan Bani Ghaniyah (keturunan Sanhaji, mendominasi tiga Kepulauan Balearic: Mallorca, Menorca, dan Jepsa antara tahun 1126-1203 M. Mereka memimpin revolusi di Afrika dari 6 Sya'ban 580 H/13 November 1184 M sampai 631 H/1233 M (sekitar 50 tahun) yang bertujuan untuk menghidupkan kembali negara Almoravid dan melenyapkan kerajaan Almohad). Ia wafat di Mallorca.

Kitabnya antara lain ringkasan tentang al-Syuruth (kemungkinan berisi tentang syarat-syarat putusan sebagaimana profesinya).

Posting Komentar